Tebing Breksi Destinasi Wisata Baru di Jogja

Jogja merupakan kota destinasi pariwisata yang banyak dikunjungi baik wisatawan lokal maupun asing. Informasi dari Kepala Dinas Pariwisata DIY Aris Riyanta mengatakan

jumlah  wisatawan domestik pada 2015 sebanyak 3,6 juta orang dan 300 ribu wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Jogjakarta. Hal yang menarik dari kota Jogjakarta adalah karena jogja dikenal sebagai kota Kota Gudeg, Kota Pelajar, Kota Seni dan Budaya, Kota Istimewa, Kota Pariwisata, Kota Buku, Kota Keraton, Kota seniman, Kota Pasar tradisional, Kota komunitas,dan juga Kota Batik. Dengan ciri khas seperti inilah, kota jogja banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing.

Ada banyak destinasi wisata yang sangat indah di Jogjakarta dari Pusat budaya Seperti Candi Candi peninggalan Mataram Kuno, Pusat perbelanjaan dan juga Pusat Batik. Dan sekarang Kota yogyakarta kini memiliki destinasi baru yang ramai dukunjungi setelah diresmikan oleh Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat yaitu berupa wisata tebing yang memiliki sentuhan art  sangat unik bernama Tebing Breksi”.

Lokasi tebing breksi ini berada di dusun groyokan, kelurahan sambirejo, kecamatan prambanan, kabupaten sleman, daerah istimewa yogyakarta. Letak tebing  ini tidak jauh dari candi ijo, hanya berjarak kurang lebih 1 kilometer saja. Dari Prambanan menuju ke wisata tebing berjarak sekitar 7 km. Letaknya sebelum Candi Ijo. Jika dari arah Jogja, ada jalur yang lebih cepat. Sampai di pertigaan Piyungan, anda bisa berbelok ke kanan. Lurus saja sampai menyeberang ruas jalan Prambanan-Piyungan. Dari sini ikuti papan penunjuk arah ke Candi Ijo. Di sebelah kiri jalan, nanti akan ada spanduk bertuliskan wisata Tebing Breksi. Jadi bila kalian berwisata ke daerah ini, dapat mengunjungi tebing breksi dan candi ijo sekaligus. Namun jalanan untuk menuju ketempat wisata ini  menanjak dan juga tidak begitu bagus ditambah lagi  jalannya yang tidak begitu lebar.

Tebing  ini tidak alami terbentuk begitu saja, tetapi terbentuk dari bukit yang terkikis oleh aktivitas penambangan yang dilakukan warga sekitar. Dahulunya bukit ini adalah tempat warga untuk bekerja, dimana tempat ini merupakan sebuah tambang batu biasa yang menyerupai bukit kecil. Akibat dari bekas aksi tambang yang dilkukan oleh warga ini, maka tebing ini bisa memiliki seni dengan sendirinya. Seakan-akan tebing ini bisa terukir dengan indahnya. karena bentuknya yang unik dan menarik inilah saat ini tebing tersebut dijadikan obyek wisata.

Tebing breksi ini menawarkan berbagai panorama  lanskap yang sangat luar biasa bagus dan menarik. Selain dengan pemandangan lanskapnya, dari atas tebing ini kalian dapat melihat candi-candi yang ada disekitar tebing seperti, candi prambanan, candi ijo, candi barong, dan juga candi sojiwan. Bila kalian berkeliling di sekitar tebing ini, maka  akan menemukan berbagai bongkahan batu yang telah ditambang oleh warga sekitar. Jadi kalau kita sedang berkunjung ke Jogja, Tebing Breksi merupakan salah satu tempat terbaik yang layak dikunjungi.

Be Sociable, Share!