Peluang Usaha Rumah Kost Di Jogja

Kota Yogyakarta atau sering disebut Jogja adalah merupakan kotanya para mahasiswa yang merantau dari berbagai penjuru nusantara untuk menimba ilmu, di kota yang disebut kota budaya ini. Dengan berbagai keunikan & kreatifitas yang dihasilkan juga banyak memikat para touris asing maupun touris domestik dalam negeri untuk berwisata & menikmati indahnya suasana jogja. Dengan demikian sebuah bisnis properti sangatlah bagus prospeknya, tetapi memang memerlukan biaya yang tidak sedikit untuk membangun usaha ini membutuhkan biaya puluhan bahkan ratusan juta namu hasilnya pastinya menyenangkan.

Medimulai bisnis kos-kosan biasanya dengan membeli sebuah rumah, lalu menyekat ruangan di rumah itu menjadi kamar-kamar & selanjutnya mengisi unit-unit kamar dengan perabotan standar. Syarat utama kelayakan rumah kos adalah faktor kebersihan, kecukupan udara &cahaya, serta kesehatan. Aspek-aspek itu harus Anda perhatikan dengan serius untuk dapat menjaring penghuni kost yang banyak.

Pelanggan yang paling besar dikota jogja adalah para mahasiswa & mahasiswalah yang merupakan penyumbang pemasukan kota jogja terbesar dengan a&ya mahasiswa banyak usaha baru bermunculan yang menjadikan mahasiswa sebagai target pemasaran, dimulai dari usaha makanan sampai tempat hiburan & ratusan kampus yang ada d kota jogja, dengan demikian membangun bisnis kost-kostan sangat berpotensi di kota jogja untuk menambah penghasilan bulanan Anda.

Bagaimana bila kita ingin membuka bisnis kost-kostan tapi kita tidak memiliki modal?
Ada beberapa solusi yang bisa kita lakukan:

1.memanfaatkan ruangan kosong

Banyak warga jogja memiliki rumah yang cukup besar & merekapun memanfaatkan kamarnya yang tidak terpakai tersebut untuk disewakan, jadi cukup lumayan bisa untuk menambah pemasukan tetapi biasanya para pelanggan agak risih tinggal bersama dengan pemilik rumah terutama para mahasiswa pastinya menginginkan sebuah kebebasan & privasinya tidak terganggu.

2.meminjam modal ke bank

Meminjam modal merupakan resiko yang cukup berat karena kita harus punya jaminan untuk membayarnya perbulan ke Bank, tetapi kita bisa memanfaatkan uang pembayaran dari pelanggan untuk membayar setoran perbulan ke bank, jadi itung-itung para pelangganlah yang membayarkan setoran bulanan kita. Memang benar dengan meminjam ke bank keuntungan kita jadi minim tetapi jangan kuatir setelah pinjaman modal lunas kita bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.

3. Fasilitas & Pemasaran

Untuk fasilitas dari masing-masing usaha kos-kostan juga bermacam-macam. Ada yang mereka menyediakan fasilitas yang diisi dengan ranjang & dilengkapi; lemari, kamar mandi dalam, Bahkan untuk kost-kostan yang membidik pasar atas yakni anak-anak orang kaya, biasa dilengkapi dengan fasilitas AC & juga telepon sendiri. tetapi banyak juga yang menyediakan kamar kosongan untuk diisi sekehendak penyewa kamar. Pemilik kos-kostan tidak hanya memasang plang papanama “menerima kost” di depan pondokannya, mereka juga harus aktif menjaring pasar. Caranya, bisa dengan menyebarkan selebaran penawaran atau brosur ke kampus-kampus, kantor-kantor atau warung-warung yang ramai dikunjungi. Bila harus memberi iming-iming pada calon penyewa seperti gratis sewa satu bulan untuk penyewa yang membayar sewa enam bulan sekaligus & memberikan kelonggaran dalam waktu pembayaran & mempertahankan harga lama bagi penghuni lama juga bisa dilakukan sebagai alternatif untuk memasarkan kos-kosannya.

4. Lokasi & pengelolaan penentu harga sewa

Pemilihan lokasi sangatlah penting karena ini menyangkut kanyamanan para pelanggan. Selain dekat dengan kampus & tempat kerja, diusahakan memiliki akses yang mudah untuk ke daerah lain. Dengan demikian harga yang ditawarkan kepada calon konsumen bisa lebih tinggi. Sebagai contoh kost-kostan yang berada di dekat kampus UGM yogyakarta memiliki harga sewa yang sangat tinggi bisa mencapai 6jt/tahun untuk setiap kamarnya padahal itu hanya kamar saja tanpa isi perlengkapan kamar & itu juga belum termasuk sebagai kost-kostan elit, oleh karena itulah penempatan lokasi sangat penting & sangat menentukan harga sewa.
Sebagian besar para penyewa ingin di manja oleh karena itu pengelolaan juga sangat penting demi menjaga kenyamanan & mempertahankan harga sewa agar tetap tinggi, dari pantauan kami para pemilik kost-kostan menfasilitasi kost-kosan dengan tukang sampah jadi para penyewa sudah tidak susah payah lagi untuk membuang sampah & paling tidak seminggu sekali atau sebulan sekali pemilik membersihkan lingkungan kost-kostan & memperbaiki fasilitas bila ada yang rusak.

Nah bisnis kost-kostan sungguh sangat menguntungkan bukan! apalagi di kota jogja karena potensi penyewa sungguh sangat besar & pandangan kedepanpun penyewa semakin meningkat setiap tahunnya & hargapun semakin tinggi juga, dengan demikian kita harus meningkatkan kualitas & sistem pemasaran yang baik agar usaha yang kita jalankan tetap maju & menguntungkan.

Be Sociable, Share!