Fasilitas WIFI Gratis di Malioboro Semakin Manjakan Warga dan Pelancong

Fasilitas Wifi gratis yang disediakan di kawasan Malioboro ini berkecepatan 100 Mega Byte akan disebar di 13 titik poin di kawasan Malioboro. 13 titik wifi ini diantaranya di kawasan Tugu dan sepanjang Jalan Mangkubumi ( sejumlah 3 titik), Taman Parkir Abu Bakar Ali ( sejumlah 1 titik), Alun-alun Utara ( sejumlah 4 titik), Alun-alun Selatan ( sejumlah 2 titik), dan Taman Hutan Raya ( sejumlah 3 titik).¬† Rencananya wifi gratis yang bernama ‘Jogja Istimewa’ tersebut akan dilaunching Maret 2017.

Kabid Pengembangan Layanan Teknologi Informatika Diskominfo DIY Sugeng wahyudi mngatakan bahwa proyek tersebut dilaksanakan dari Danais 2017 sebesar Rp 830 juta. Dana tersebut digunakan untuk pengadaan alat & juga biaya berlangganan selama 10 bulan.

Pengelolaan diserahkan kepada pihak ke 3, sebab keterbatasan personil di Pemda Yogyakarta. Sehingga nantinya Pemda akan focus saja menangani wifi Jogja Istimewa yang sudah terpasang di 10 titik di sepanjang Jalan Malioboro tersebut.

Pengadaan jumlah 10 titik wifi Jogja Istimewa di Malioboro ini sendiri memakan dana hingga Rp 1,2 miliar yang diambil dari Danais. Selanjutnya setiap tahun akan dibayar biaya sebesar Rp 170 juta untuk biaya perawatan.

Wifi “Jogja Istimewa” di Malioboro ini tiap titiknya memiliki daya jangkau 200 meter dan bisa 250 orang per titik. Sampai saat ini di Malioboro masih mencukupi 20 Mega Byte, ujar Sugeng.

Pengguna sendiri tak memerlukan username dan password untuk login menggunakan fasilitas wifi gratis tersebut. Ketika mendapat disclaimer bahwa ini merupakan wifi Pemda DIY, pengguna bisa langsung bisa¬† menggunakannya. Pengguna tinggal mengklik “Accept” saja yang nantinya langsung tersambung ke portal Pemda DIY yang menyajikan Berita terkini.

Be Sociable, Share!